Tak Mau Disalahkan

Posted Sabtu, 31 Juli 2010 by LaLa Melati
Tingkah polah peraulan remaja jaman sekarang dapat dikatakan tidak sehat , meski tidak semuanya seperti itu. Berita kenakalan remaja mulai dari bolos sekolah, merokok , minum – minuman keras hingga narkoba sering mampir media elektonik maupun cetak. Hal ini seolah – olah tidak asing lagi bahkan terasa sudah menjadi kebiasaan remaja usia sekolah dewasa ini. Mereka yang melakukan perbuatan menyimpang ini seakan tidak pernah memikirkan akibat yang akan ditimbulkan. Berawal dari kenakalan – kenakalan kecil, mereka terus mencoba- coba hal baru yang berbau negatif dan akhirnya terjerumus pada penggunaan Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif atau Narkoba bahkan seks bebas. Penggunaan jarum suntik secara bergantian untuk mengkonsumsi zat – zat adiktif serta melakukan hubungan seks yang tidak sehat akan memudahkan penularan virus HIV/AIDS kepada remaja usia sekolah dan kalangan orang muda.
Penularan virus HIV menyebar sangat cepat di kalangan remaja dan anak muda. Virus ini dengan sangat mudah menyerang kalangan remaja dan anak muda , karena kalangan remaja dan anak muda yang salah pergaulan dekat dengan hubungan seks bebas dan narkoba yang merupakan media penularan virus HIV/AIDS yang tercepat menyerang tubuh manusia.
Sebenarnya, merebaknya virus HIV/AIDS terhadap remaja usia sekolah dan kalangan orang muda tidak sepenuhnya kenakalan remaja semata , tetapi pengawasan orang tua yang tidak efektif dan kualitatif serta kurangnya hubungan komunikasi antar orang tua dengan anak, dapat menyebabkan anak bergaul dengan bebasnya tanpa diawasi dan diberitahu mana yang baik dan mana yang tidak baik. Ini akan menyebabkan pergaulan yang bebas dan virus HIV/AIDS pun akan menyebar dengan mudahnya. Kalau saja anaknya sudah terkena virus HIV/AIDS , kebanyakan orang tua akan menyalahkan anaknya ,seolah ia tak berperan dalam tertularnya virus ini kepada anaknya, mengucilkan anaknya seolah-olah hanya ia yang bersalah. Padahal disisi lain , orang tua juga berperan terhadap tertularnya virus tersebut kepada sang anak.
Untuk menghindari itu semua sangat dibutuhkan peran orang tua untuk mengawasi pergaulan anaknya , peran sekolah untuk mengawasi pergaulan siswanya di lingkungan sekolah serta peran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya , dan melaporkan setiap tindakan – tindakan menyimpang yang dilakukan oleh remaja dan kalangan orang muda dewasa ini. Tidak ketinggalan juga peran LSM – LSM untuk memberikan penyuluhan dan memberikan lebih banyak lagi informasi tentang bahaya HIV/AIDS.

0 komentar:

Posting Komentar